Berita

Cara Melaporkan Penipuan Online Ke Pihak Kepolisian

Perkembangan teknologi memberikan manfaat juga bagi penipu yang juga mengikuti perkembangan tersebut untuk bisa menipu. Sehingga terjadi evolusi penipuan yang sekarang ini dilakukan secara online. Bagi Anda yang menjadi korban penipuan online tersebut bisa dilaporkan ke kepolisian. Cara melaporkan penipuan online tersebut bisa mengikuti langkah yang mudah yang bisa digunakan sehingga laporan penipuan yang Anda alami akan segera diproses, antara lain:

1. Kumpulkan barang bukti

Langkah pertama untuk membuat laporan kepolisian tentunya dengan menyiapkan bukti terlebih dahulu. Apabila Anda lapor dengan tangan hampa atau tidak membawa barang bukti apapun, maka laporan tersebut kemungkinan tidak ada diterima karena tidak ada pembuktian yang dipunyai. Oleh karena itulah penting sekali untuk membawa bukti ketika melakukan pelaporan ke polisi. Sebelum membuat laporan penting sekali untuk mengumpulkan barang bukti terlebih dahulu. Barang bukti yang bisa dikumpulkan seperti adanya bukti kerugian yang dialami, pesan penipuan tersebut, rekaman telepon, foto, bukti transfer, dan masih banyak lainnya.

2. Datang ke kantor polisi

Setelah sudah mengumpulkan barang bukti yang dipunyai, cara melaporkan penipuan online yang dialami selanjutnya adalah dengan datang ke kantor kepolisian. Anda bisa untuk melakukan pelaporan di call center atau aplikasi terlebih dahulu yang akan memudahkan untuk melaporkan penipuan yang dialami. Selanjutnya bisa datang ke kantor polisi terdekat dari tempat tinggal Anda. Hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan pelaporan ini adalah tidak adanya biaya yang dipungut. Sehingga Anda bisa membuat laporan tersebut secara gratis. Selain datang langsung ke kantor polis, Anda juga bisa untuk melaporkan penipuan tersebut lewat aplikasi atau call center polisi di nomor 110. Sedangkan untuk membuat laporan dari aplikasi online bisa dengan mengunduh aplikasinya terlebih dahulu yang diunduh di Google Play atau App Store. Tetapi bagi Anda yang ingin mendapatkan waktu pemrosesan lebih cepat bisa memilih laporan secara langsung datang ke kantor polisi.

3. Wawancara

Saat datang ke kantor polisi terdekat tersebut, maka Anda akan diminta untuk membuat Berita Acara Pelaporan atau BAP. Caranya juga sangat mudah yaitu dengan memberikan keterangan mengenai penipuan yang Anda alami. Pada tahap ini akan ada wawancara yang dilakukan oleh petugas kepolisian untuk bisa mengetahui detail penipuan yang dialami oleh korban. Pada saat ini penting untuk memberikan jawaban yang jujur dan sesuai dengan kejadian yang Anda alami. Hal tersebut akan membuat proses penyidikan yang dilakukan akan bisa berjalan dengan lancar dan juga cepat selesai. Terutama ketika sudah membawa barang bukti yang lengkap dan dibutuhkan untuk membantu penyelesaian kasus tersebut.

4. Menunggu lanjutan dari laporan yang dibuat

Setelah membuat laporan tersebut, Anda bisa untuk pulang ke rumah. Selanjutnya polisi akan melakukan penyelidikan pada kasus penipuan yang Anda alami tersebut. Di mana pada hal yang perlu dilakukan selama penyelidikan ini adalah dengan sabar menunggu untuk progress yang dipunyai. Biasanya proses penyelidikan dari laporan diterima dan diselidiki tersebut tidak cepat dan membutuhkan waktu berhari-hari tergantung dari kasus yang dialami. Apabila ingin menanyakan mengenai perkembangan laporan yang dibuat, Anda bisa untuk bertanya ke kantor polisi atau menghubungi call center kepolisian.

Selain melaporkan penipuan online yang dialami ke pihak kepolisian, sekarang ini juga ada beberapa cara yang lebih mudah untuk bisa membuat laporan. Beberapa cara pelaporan yang lebih mudah dan praktis secara online tersebut adalah:

  • Anda bisa membuat laporan penipuan online ke CekRekening.id yang bisa untuk melaporkan rekening yang digunakan untuk tindakan penipuan.
  • Anda bisa membuat laporan online ke lapor.go.id untuk pengaduan penipuan yang dialami.
  • Anda bisa membuat laporan ke aduankonten.id dari Kominfo ketika mengalami penipuan dari sosial media.

Ketika mendapatkan penipuan online baik dari telepon, media sosial, dan berbagai hal lainnya, Anda untuk bisa menginformasikan hal tersebut pada bank. Cara melaporkan penipuan online┬áke pihak bank juga mudah tergantung dari penyedia rekening yang dimiliki. Bagi nasabah bank BCA bisa untuk menghubungi kontak ke Halo BCA 1500888, WhatsApp ke +62 811 1599 998, email ke [email protected], dan media sosial dari bank BCA yang akan membantu untuk melanjutkannya ke pihak kepolisian.