7 Trik Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Saat Anda membeli mobil bekas, Anda harus memperhatikan sejumlah hal agar tidak tertipu. Membeli mobil bekas dibandingkan mobil baru mempunyai sejumlah keuntungan.

Mobil bekas dapat langsung Anda gunakan saat sudah dibeli. Berbeda dengan mobil baru yang harus menunggu beberapa waktu. Selain itu, pajak mobil bekas lebih rendah daripada mobil baru.

Membeli mobil bekas bukan perkara yang mudah. Anda harus memperhatikan berbagai hal agar tidak tertipu. Berikut sejumlah trik yang bisa Anda ikuti agar tidak tertipu saat membeli mobil bekas.

Trik Membeli Mobil Bekas

1. Menentukan besar budget pembelian

Trik pertama yakni mengetahui harga pasaran mobil bekas yang akan Anda beli. Dengan mengetahui harga pasaran, Anda akan mengetahui apabila harga mobil bekas yang ditawarkan terlalu tinggi.

2. Survei lokasi tempat pembelian

Saat Anda ingin membeli mobil bekas, pastikan Anda melakukan survei tempat kendaraan dijual. Jika Anda membeli di dealer offline, Anda akan mudah mendapatkan mobil bekas berkualitas. Anda bisa memilih kendaraan secara langsung di dealer offline.

Jika Anda membeli mobil bekas melalui aplikasi jual beli mobil, Anda juga perlu melakukan survei tempat kendaraan. Anda bisa langsung membuat janji dengan menghubungi kontak yang biasanya disertakan dalam informasi kendaraan.

3. Mengecek garansi resmi mobil

Garansi resmi mobil bisa Anda tanyakan pada pemilik saat membeli mobil bekas. Apabila mobil masih memiliki garansi resmi untuk servis, maka Anda akan diuntungkan.

Garansi resmi servis biasanya diberikan kepada kendaraan dengan jarak tempuh hingga 50.000 kilometer. Namun, hal tersebut kembali pada jenis mobil bekas yang akan Anda beli.

4. Mengecek kelengkapan surat kendaraan

Hal yang tidak boleh Anda abaikan saat membeli mobil bekas yaitu kelengkapan surat kendaraan. Dengan memeriksa kelengkapan surat kendaraan, Anda bisa terhindar dari penipuan berupa mobil bekas hasil curian.

Anda bisa mengecek pembayaran pajak dan BPKB mobil. Anda bisa menyesuaikan semua data yang tertera dengan kondisi fisik kendaraan.

5. Mengecek kondisi fisik kendaraan

Membeli mobil bekas membutuhkan perhatian yang lebih khusus. Anda harus melakukan pengecekan seluruh bagian kendaraan baik interior maupun eksterior.

Pada bagian interior, Anda perlu mengecek bagian kelistrikan kendaraan. Anda juga perlu mengecek bagian jok kursi maupun bagian-bagian interior lainnya.

Pada bagian eksterior, Anda perlu mengecek bagian body mobil. Dengan mengecek body mobil, Anda akan mengetahui bagian-bagian mobil yang baret atau bekas mengalami tabrakan.

Pengecekan mesin juga perlu Anda lakukan dengan seksama. Suspense, ban mobil, kampas rem, dan masih banyak lagi lainnya yang perlu Anda cek sebelum membeli mobil bekas.

6. Melakukan test drive

Tidak hanya mengecek kondisi interior dan eksterior mobil bekas, Anda juga perlu melakukan test drive. Test drive perlu Anda lakukan agar Anda mengetahui kualitas mobil yang akan Anda beli.

Anda juga bisa mengetahui apabila mobil tidak memiliki performa yang bagus. Anda juga perlu mengecek suara mesin mobil, apakah terdengar baik atau tidak. Selain itu, Anda juga bisa mencoba mengecek rem mobil agar mengetahui kelayakan kinerja rem. Anga juga perlu mengecek seluruh kelistrikan kendaraan.

7. Tidak boleh tergiur dengan harga murah

Trik terakhir mendapatkan mobil bekas berkualitas yaitu tidak tergiur dengan harga murah. Harga rendah yang ditawarkan penjual perlu Anda pertanyakan. Anda bisa saja tertipu dengan kondisi mesin maupun surat kendaraan yang tidak lengkap sehingga harga penawarannya rendah.

Demikian tadi 7 trik membeli mobil bekas berkualitas. Sebelum membeli, Anda bisa mencari informasi mengenai mobil bekas pada aplikasi jual beli mobil. Dengan aplikasi jual beli mobil, Anda akan lebih mudah menemukan berbagai informasi seputar mobil baru maupun bekas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *